LISTRIK TENAGA SURYA UNTUK MASYARAKAT SENTALANG DESA SETIA BUDI

https://kecamatanbengkayang.bengkayangkab.go.id/Listrik Tenaga Surya untuk Masyarakat Sentalang Desa Setia Budi

Sudah umum dipahami bahwa listrik menjadi kebutuhan penting dalam kehidupan saat ini. Sangat terlihat jauh perbedaan kehidupan mereka yang mendapat pelayanan listrik dengan yang tidak, ibarat malam dengan siang. Bagi kebanyakan anak-anak, malam bukanlah merupakan saat yang menyenangkan, biasanya setelah selesai makan malam bersama keluarga, anak-anak langsung masuk ke kamar dan tidur. Sangat jarang bahkan tidak pernah mereka bisa memanfaatkan malam hari untuk bermain atau belajar seperti anak-anak lain. Sehingga untuk bisa belajar, anak-anak memanfaat waktu sepulang dari sekolah dengan mengorbankan waktu bermain mereka bersama teman-teman sebayanya atau menggunakan penerangan seadanya. Karena tidak adanya listrik, otomatis akses warga terhadap media juga sangat terbatas, menyebabkan banyak diantara warga yang tidak mengetahui perkembangan yang sedang terjadi disekitar mereka.

Wahana Visi Indonesia Area Program Bengkayang didukung oleh Covestro, melakukan pendampingan kepada warga RT 07 Sentalang Desa Setia Budi Kecamatan Bengkayang melalui Program Listrik Tenaga Surya. Listrik tenaga Surya ini akan diinstalasi ke setiap rumah tangga, sehingga menjadi tanggungjawab masing-masing keluarga untuk memastikan perawatan dan keberlanjutan dari program. Adapun Tujuan dari Program ini adalah dalam upaya memenuhi Hak Anak untuk mendapatkan layanan terbaik dari semua aspek kehidupannya. Sebanyak 39 rumah dari 47 Kepala keluarga menjadi penerima manfaat dari program ini, dengan total jiwa 205 orang.

Pada saat ini, program sudah memasuki tahap persiapan awal di masyarakat, dimana sudah dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, yaitu Sosialisasi Awal tentang Program dan Pelatihan Bagi Masyarakat terkait dengan fungsi dan kegunaan dari masing-masing material Listrik Tenaga disertai dengan pembuatan komitmen kesepakatan dalam proses pelaksanaan program dari awal sampai akhir.

Dengan kondisi wilayah yang cukup jauh dan tidak bisa diakses menggunakan kendaraan roda empat (mobil), maka warga sepakat melakukan gotong royong untuk mengangkut semua material dari Sempayuk (jalan raya Bengkayang – Sanggau Ledo) ke Sentalang dengan jarak kurang lebih 2 jam berjalan kaki. Antusias dan komitmen dalam mendukung program menjadi salah satu kunci keberhasilan program ini bisa berjalan dengan baik. “kami selaku Pemerintah Desa, mewakili masyarakat Sentalang, pertama-tama mengucapkan terimakasih kepada pihak WVI dan Covestro yang sudah membantu warga kami sehingga mereka bisa mendapatkan penerangan, kepada warga saya berharap mendukung program ini, jadi apapun kesepakatan yang sudah kita buat, tolong dilaksanakan,” kata Tabrani (56) Kepala Desa Setia Budi.

Bagikan :

Share on facebook
Facebook
Share on whatsapp
WhatsApp

More Post